Jumat, 22 April 2011

Ulat Bulu Serang Kawasan Kota Tasikmalaya

 

TASIKMALAYA:  Ulat bulu menyerang pohon Sukun bahkan sebagian sudah menempel di rumah kosong, Jalan Buninagara 3, RT 02/05, Kelurahan Nagarasari, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis.

Salah seorang warga setempat, Lina (30) saat ditemui di lokasi sekitar ditemukannya ulat di pohon sukun, mengaku khawatir akan menyebar lebih luas seperti menyerang rumah warga.
Apalagi ulat bulu yang ditemukan beberapa hari kebelakang, kata Lina, khawatir menempel di pakaian yang dijemur sekitar rumah warga atau yang lokasinya dekat dengan pohon sukun.

“Takut nempel di pakaian yang dijemur depan rumah kemudian mengalami gatal-gatal,” kata Lina yang dibenarkan warga lainnya.

Bahkan ulat bulu tersebut, diakui Lina sebagian ulat sudah mulai ditemukan di rumah kosong sekitar pohon sukun, dan rumah warga lainnya.

Upaya warga yang dilakukan ketika menemukan ulat bulu di jalan atau di rumah, kata Lina, masyarakat langsung memusnahkannya dengan cara dibakar.
Ketika masyarakat akan menebang pohon sukun sebagai sumber keberadaan ulat, kata Lina terkendala oleh pemiliknya yang meminta ganti rugi sebesar Rp200.000.

“Warga berinisiatif ingin menebang pohon sukun tapi terkendala oleh keuangan sebab yang memiliki pohon minta dibayar,” kata Lina.

Sementara itu keberadaan ulat bulu tersebut warnanya berbeda dengan ulat yang sebelumnya ditemukan di Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.

Ulat di pohon sukun kawasan Kota Tasikmalaya, tampak berwarna hitam dan orange, sedangkan di Singaparna berwarna kuning dan Putih.

“Yang jelas warga sini berharap pemerintah melakukan upaya pemusnahan ulat bulu di pohon sukun ini,” kata Lina.(hh)

0 komentar:

Posting Komentar

Mari meraih kebaikan dengan berbagi. Tinggalkan komentarmu kawan...