Sabtu, 08 Februari 2014

Evaluasi untuk Negeri

Indonesia saat ini sedang berkabung dengan berbagai musibah yang singgah silih berganti. Banjir belum usai, gempa dahsyat terjadi. Akibat gempa belum terpulihkan, gunung pun meletus. Selain itu, longsor, kebakaran hutan, kecelakaan lalu lintas,  dll. pun turut “mewarnai” bencana yang datang.
Ada apa dengan Indoensia? Pertanyaan ini harus dijawab. Karena, selama ini para tokoh bangsa hanya mengaitkannya dengan gejala alam. Belum ada atau sedikit saja yang mengungkit permasalahan sikap, nilai dan ketaatan dalam agama (baca: Islam).
Ya. Karena, sebagai negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia, pantas dan memang harus ada evaluasi dalam sikap hidup beragama. Dasarnya sudah dipahami bahwa musibah yang muncul adalah respon atas dosa dan maksiat kepada Allah. Selain itu, musibah-musibah yang menimpa umat-umat terdahulu adalah karena sikap mereka yang menentang dan tidak mau mengamalkan syariat agama Allah.
Nah, sekarang silahkan dievaluasi oleh masing-masing, kira-kira dari keempat hikmah yang dibahas sebelumnya, Indonesia berada di mana? Apakah musibah negara sebagai ujian, peringatan, atau siksa? Wallahu a’lam. Hanya Allah yang tahu.
Selain negara yang harus dievaluasi, kita pun mesti bermuhasabah diri. Barangkali kita sudah melalaikan ibadah, banyak dosa dan maksiat kepada Allah, menjauhi sunnah dan menghidupkan bid’ah. Hal-hal tersebut merupakan fasad (kerusakan) di muka bumi yang akan mengundang musibah.
Mengiyakan hal tersebut, pernah terjadi gempa dahsyat di jaman Umar bin Khatab. Lalu Umar melakukan “briefing” dan menegaskan bahwa musibah ini tiada lain disebabkan oleh dosa dan maksiat.
Oleh karena itu, salah satu  hal yang sangat harus dilakukan setiap kita adalah beristigfar kepada Allah sesering dan sebanyak mungkin. Barangkali dosa dan maksiat kita lah yang mengundang musibah itu. Sikap seperti ini sangat baik daripada menuduh bahwa orang lah yang berbuat salah sehingga menyebabkan musibah.
Wallahu a’lam

0 komentar:

Posting Komentar

Mari meraih kebaikan dengan berbagi. Tinggalkan komentarmu kawan...