Mutiara

"Mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin lemah. Bersemangatlah terhadap yang memberi manfaat kepadamu, berlindunglah kepada Allah dan jangalah merasa lemah" (H.R. Muslim)

Jumat, 08 Juli 2011

Tips Praktis Menulis Cerpen

Bergabung di Grup Penulis Antologi, saya dapatkan tips menarik bagaimana membuat cerita pendek alias cerpen. Tips ini ditulis oleh Mbak Ari Kinoysan Wulandari. Kalau antum mau tahu, ayo kita susuri...

 
1) Judul Menarik 
Singkat, mudah diingat, menarik, eye cathing, sesuai dengan segmentasi, mengundang rasa penasaran.   

2) Keaslian Ide
Pilihlah ide-ide yang “asli” milik kita. artinya, ide tersebut memang lahir dari pemikiran kita. tidak masalah kalau kemudian ada banyak ide yang mirip, tapi pasti sudut pandangnya berbeda.   

3) Materi yang Kuat 
Tulislah materi yang benar-benar kita ketahui, kita senangi, kita kuasai. dengan demikan menulisnya menjadi mudah, serasa memindahkan sesuatu yang sudah “menyatu” dengan diri kita ke dalam tulisan.   

4) Opening yang Oke
Paragraf awal adalah eksekutor cerpen kita. akan dibaca atau dilempar ke tong sampah. jadi, buatlah menarik, simple, tapi mengundang penasaran. ungkapkan masalah inti di paragraph awal beserta pengenalan tokoh.   

5) Dialog Natural Artinya dialog seperti sehari-hari kita bicara. Ada lagu, jeda, intonasi, tiap karakter beda cara ngomongnya.

6) Karakterisasi 
Pilih-pilih karakter yang natural. Jangan seperti sinetron, kalau baik tanpa cela kalau jahat tanpa kebaikan.   

7) Narasi dan Deskripsi Praktis 
Buatlah narasi dan deskripsi yang sederhana, pendek-pendek, taktis, dan efektif. Jangan buat kalimat yang bertele-tele tak ada isinya.   

8) Ending yang Menawan 
Bisa kejutan, menggantung, happy ending atau sad ending dengan cara yang tidak biasa.   

9) Patuhi EYD Perhatikan EYD, jangan salah pakai tanda baca, teliti dan jangan salah-salah ketik.   

10) Ikuti Aturan 
Ini berkaitan dengan ketentuan yang ditetapkan penyelenggara (media, penerbit, panitia, dll); baik tema, isi, ukuran jumlah halaman, font, kertas, dll. ini termasuk syarat administrative dan yang tidak sesuai, biasanya langsung masuk tong sampah. 

*) Ari Wulandari

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari meraih kebaikan dengan berbagi. Tinggalkan komentarmu kawan...