Selasa, 16 Oktober 2012

Arti Sebuah Nama: Yuri Samaida Elkilmani



Alhamdulillah wasy-Syukru lillah, atas inayah dan iradah Allah swt., putra perdana kami lahir dengan selamat, hebat dan dahsyat.

Hari: Selasa, 9 Oktober 2012
Waktu: Pukul 21.50 WIB
Jenis Kelamin: Laki-laki
Berat: 2,7 kg
Tinggi: 48 cm

Putra kami yang hebat dan dahsyat tersebut kami hadiahkan nama, Yuri Samaida Elkilmani.

***

Bagi sebagian orang, apalah arti sebuah nama. Yang penting siapa di balik nama tersebut. Persepsi ini menurutku kurang ngepas. Pasalnya, nama itu sangat penting dan pendorong untuk menciptakan “parit” (jalan perjuangan) agar “air” (manusia) mengalir menuju “muara” (goals).

Nama pula merupakan himmah ‘aliyah bagi orang tua. Jangan pernah terdengar lagi ada orang tua yang membuat nama bagi anaknya dari al-Quran. Karena ketidaktahuannya terhadap definisi dan makna per kata dalam al-Quran, orang tua memberi nama untuk anaknya, Syaithan Giri. Syaithan berarti setan, dan Giri merupakan sebuah tempat di Gresik Jawa Timur. Berarti makna nama tersebut adalah Setan dari Giri. Ini kan keterlaluan? Na’udzu billahi min dzalik. Namun, menurut informasi, alhamdulillah orang tuanya mengganti nama tersebut dengan yang lebih bermakna positif.

Arti Nama
Yuri Samaida Elkilmani kami ambil dari bahasa Arab.
يُرِى سَمَيْدَاع الكِلْمَانِي
يُرِى  Artinya memperlihatkan (segala bentuk hal positif)
سَمَيْدَع Artinya orang mulia
الكِلْمَانِي Artinya orang yang baik, fasih bahasanya
Selain itu, nama Yuri sendiri merupakan akronim dari nama orang tuanya, Yusuf Awaludin dan Rahmi. Yuri, buah hati Yusuf dan Rahmi.

Falsafah dan Himmah
Pemberian nama Yuri Samaida Elkilmani bukanlah tanpa kesengajaan dan tujuan. Di balik nama tersebut ada orang yang mulia dan baik nan fasih bahasanya, yang memperlihatkan segala hal positif (kebaikan, kebenaran, kemenangan, kesuksesan, kebahagiaan, dll.).

Adapun cita-cita yang diharapkan dari nama tersebut adalah:

  • Yuri Samaida Elkilmani adalah orang saleh, berbakti kepada Allah dan Rasul-Nya dengan penuh totalitas dan purifikasi (tajdid).  
  • Yuri Samaida Elkilmani adalah orang yang dipandang mulia oleh Allah di dunia dan akhirat, sehingga hidupnya akan senantiasa tenang dan bahagia.  
  • Yuri Samaida Elkilmani adalah seseorang yang fasih dalam menyampaikan ide dan gagasan, baik ide syariat agama maupun urusan-urusan dunia.  
  • Yang tidak kalah pentingnya adalah, Yuri Samaida Elkilmani merupakan asset kebaikan dan kemenangan bagi kami, orang tua, di dunia dan akhirat kelak.


Demikian ta’aruf dengan Yuri Samaida Elkilmani, putra kami yang hebat dunia akhirat. Mohon doanya dari kawan sekalian untuk kebaikannya.

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ


0 komentar:

Posting Komentar

Mari meraih kebaikan dengan berbagi. Tinggalkan komentarmu kawan...