Senin, 06 Desember 2010

Rumus Canggih Belajar

Belajar merupakan proses merubah tingkah laku menjadi lebih baik atau meningkat. Tingkah laku yang diubah dengan belajar adalah tingkah laku kognitif yaitu tingkah laku yang berupa pengetahuan dan pemahaman, tingkah laku afektif yaitu tingkah laku yang berupa perasaan, emosi, empati, dll., tingkah laku konatif yaitu dorongan atau motivasi, dan tingkah laku motorik atau gerak-gerik badan.
Dalam proses belajar, terutama belajar mandiri, perlu sekali untuk meemrhatikan rumus-rumus canggih agar belajar menjadi sukses. Rumus-rumus canggih belajar tersebut adalah:
1. Tumbuhkan Motivasi. Misalnya ingin berprestasi, mendapat wawasan yang luas, dan memenuhi kebutuhan ruhani karena kalau kebutuhan ruhani tidak terpenuhi, ruh kita akan kelaparan, dan yang pasti niatkan untuk beribadah kepada Allah.
2. Pilih Waktu yang cocok sesuai dengan mood kamu. Misalnya dini hari setelah shalat tahajud, pagi hari setelah shalat Shubuh, sore hari setelah shalat Ashar, atau malam hari setelah shalat Isya.
3. Perbanyak frekuensi belajar. Belajar yang baik adalah belajar yang istimrar atau terus-menerus, tidak hanya sekedar menghadapi ulangan semesteran atau ujian, tetapi everyday is studying. Kita masih ingat pepatah, sedikkit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.
4. Rehat Itu Penting. Ketika kamu mulai jenuh padahal belajar itu kudu kamu lakukan, tidak ada salahnya kalau kamu rehat sejenak. Jalan-jalan kek, hirup udara segar kek, atau kamu bisa mengambil nafas-nafas panjang. Hal ini agar otak yang tengah digunakan fresh lagi dan siap untuk menampung ilmu lagi.
5. Membuat Resume. Resume berguna untuk menyimpan data penting dari materi yang dipelajari. Resume yang telah dibuat kemudian dikembangkan menjadi pemahaman. Alhasil, kamu akan kuat mengikat ilmu yang telah didapat.
6. 4M+1D. Mengingat, menghafal, memahami, mengulang, dan drill (latihan) merupakan unsur-unsur belajar yang mesti diaktualkan di dalam proses belajar mandiri.
7. BeBe atau Belajar Bersama. BeBe merupakan teknik belajar kelompok. Masing-masing anggota berperan aktif mempelajari materi pelajaran serta saling melengkapi atau membimbing anggota yang belum paham.
8. BSB. BSB adalah singkatan dari bermain sambil belajar. Ini merupakan nilai plus bagi seorang pembelajar, karena belajar itu luar biasa dan bermain sambil belajar itu sangat luar biasa. Intinya, setiap waktu mesti membuahkan ilmu dan pemahaman di otak kita.
J. Bukan Bodah, tapi Malas dan Putus Asa. Yapz… benar sekali. Di dunia ini tidak ada orang yang bodoh, yang ada hanyalah orang yang malas dan berputus asa. Malas belajar dan putus asa saat mengalami kegagalan. So, mari menjadi giat dan pantang menyerah menghadapi kesulitan.

0 komentar:

Posting Komentar

Mari meraih kebaikan dengan berbagi. Tinggalkan komentarmu kawan...