Jumat, 18 Maret 2011

Belajar Menyenangkan Nan Efektif (2)

B. Action Set
Belajar yang baik dimulai dengan niat yang baik. Niat yang baik ini akan menentukan nilai di hadapan Allah. Setelah niat baik mengawali belajar, tentunya content belajarpun mesti baik juga. Dalam arti belajar itu terhadap sesuatu yang bermanfaat. Jika disandingkan dengan hal lain, ya… seperti bermain judi tapi hasilnya diniatkan untuk berinfaq fisabilillah… Seperti Robin Hood yang merampok untuk menyantuni kaum dhu’afa.
Setelah itu, arungi medan belajar dengan semangat membara. Kenal lelah tapi tidak berhenti saat lelah hinggap. Di sesi proses pembelajaran ini, fluktuasi kondisi akan sering terjadi. Kita hanya dituntut mampu menyiasati kondisi negatif semacam malas, jenuh, kurang referensi, relasi belajar yang tidak baik, dll.. Kepandaian menyiasati hal-hal negatif yang muncul akan menambah energi mujahadah fi thalabatil ‘ilmi.
Sobat, untuk mengaktualkan semangat belajar, secara global ada empat cara agar belajar selalu onfire:
1. Belajar Keras (Study Hard)
2. Belajar Cerdas (Study Smart)
3. Belajar Tuntas (Study Total)
4. Belajar Ikhlas (Study Sincere)
Keempat cara tersebut insya Allah akan menjadikan proses belajar semakin menyenangkan. Alhasil, ketika antum belajar menyenangkan, betah, enjoy, dan menikmati perjalanan “bus” belajar, maka ilmu akan tersenyum menghampiri diri antum sekalian seraya berkata “Aku ini memang senang dengan Sang Pembeajar sepertimu”.
Untuk penjelasan lebih lanjut, insya Allah postingnya nyusul ya… he…
Semangad belajar kawan…!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Mari meraih kebaikan dengan berbagi. Tinggalkan komentarmu kawan...