Kamis, 10 November 2011

Para Pahlawan Sejati

10 November adalah hari untuk mengenang para pahlawan Bangsa Indonesia. Perjuangan yang penuh keberanian dan tekad mulia. Tidak peduli darah bersimbah dan nyawa melayang, yang penting di benak mereka adalah bagaimana bangsa ini terbebas dari penajahan dan akhirnya merdeka secara terhormat.

Selayaknya semangat para pahlawan bangsa bisa kita tiru dalam "memerdekakan" bangsa kita dari penajahan non militer atau perang. Harus diakui bahwa saat ini bangsa kita sedang digempur habis-habisan oleh para kolonial di wilayah moral, ekonomi, politik, budaya dan lain-lain. Maka, pahlawan saat ini adalah mereka yang memperjuangkan jati diri bangsa sebagai bangsa yang terhormat, beragama dan mandiri serta menghilangkan ketergantungan yang berlebihan terhadap bangsa lain.

Ada satu pahlawan yang mesti kita hormati, hargai dan muliakan. Ia adalah orang tua kita. Mereka adalah pahlawan yang paling berjasa bagi diri kita. Alangkah mulianya kita jika mampu berbakti kepada orang tua kita sebakti-baktinya. Berbakti kepada pahlawan yang satu ini selain sebagai wujud kemanusiaan, juga sebagai manifestasi ketaatan kepada agama. Islam sangat mengutamakan berkhlak mulia kepada orang tua. Bahkan setelah Allah mengungkapkan perintah beribadah kepada-Nya, Allah swt. menyuruh kita berbakti kepada orang tua (Q.S. al-Isra` [17]: 23).

Ada lagi pahlawan yang berjasa membuat kita bisa calistung, baca tulis berhitung. Guru. Itulah mereka yang lebih akrab dikenal dengan sebutan "pahlawan tanpa tanda jasa". Sekaliber presiden, bisa menjadi presiden asalnya adalah anak didik seorang guru. Mereka membimbing agar kita bisa lebih cakap dalam kehidupan. Hormatilah guru kita, doakan mereka agar mereka mendapatkan keberkahan hidup dari Allah swt..

Satu lagi pahlawan yang sangat berjasa untuk semua manusia. Pahlawan nomor satu di dunia. Tidak ada yang bisa menyetarakan diri dengannya. Dia adalah Muhammad saw., Rasul yang Allah turunkan untuk membimbing manusia ke arah yang benar menuju kehidupan penuh bahagia dunia dan akhirat. Tanpanya, keselamatan manusia disangsikan. Maka, bersyukurlah kita atas takdir Allah menjadi umat pengikut Rasulullah saw.. Ikutilah sunnahnya, maka demikian wujud penghargaan untuk pahlawan dunia ini.

Mari hormati dan tiru para pahlawan kita...!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Mari meraih kebaikan dengan berbagi. Tinggalkan komentarmu kawan...