Jumat, 03 Februari 2012

Dunia Bagaikan Kebun


Di antara metode Quran dan Hadits dalam menguraikan ilmu adalah metode Tamtsil alias perumpamaan. Tujuan dari hal ini agar si pembaca, selain memahami, juga diajak untuk melibatkan pemikiran dalam memvisualkan sesuatu yang dibahas.

Di samping sebagai keindahan tata bahasa, tamtsil juga digunakan sebagai cara untuk menguatkan ingatan pembaca.

Sebagai sampel metode pengajaran tamtsil, ada hadits Rasulullan saw. yang menarik. Dalam suatu kesempatan, Rasulullah saw. bersabda:
اَلدُّنْيَا بُسْتَانٌ تَزَيَّنَتْ بِخَمْسَةِ اَشْيَاءٍ: عِلْمِ الْعُلَمَاءِ وَعَدْلِ اْلاُمَرَاءِ وَعِبَادَةِ اْلعُبَّادِ وَاَمَانَةِ التُّجَّارِ وَنَصِيْحَةِ الْمُحْتَرِفِيْنَ
“Dunia ini bagaikan suatu kebun yang dihiasi oleh lima macam, yaitu (1) ilmu para ulama, (2) keadilan para pemimpin (3) ibadah hamba-hamba Allah, (4) kejujuran para pedagang, dan (5) kedisiplinan para karyawan”

Selanjutnya gambaran itu oleh Rasulullah disambung dengan sabdanya:
فَجَاءَ إِبْلِيسُ بِخَمْسَةِ اَعْلاَمٍ وَاَقَامَهَا بِجَنْبِ هذِهِ اْلخَمْسِ فَجَاءَ بِالْحَسَدِ فَرَكَزَهُ بِجَنْبِ الْعِلْمِ وَجَاءَ بِالْجُوْرِ فَرَكَزَهُ بِجَنْبِ الْعَدْلِ وَجَاءَ بِالرِّيَاءِ فَرَكَزَهُ بِجَنْبِ الْعِبَادَةِ وَجَاءَ بِالْخِيَانَةِ فَرَكَزَهُ بِجَنْبِ اْلاَمَانَةِ وَجَاءَ بِالْغَشِّ فَرَكَزَهُ بِجَنْبِ النَّصِيْحَةِِ
Maka datanglah iblis dengan lima bendera. Lalu  didirikan di samping lima perkara tadi. Datanglah iblis membawa kedengkian, lalu ditancapkan disisi ilmu para ulama. Datang pula iblis membawa kezaliman yang dikibarkan di sisi keadilan para penguasa. Datang pula iblis membawa bendera riya’ yang dikibarkan di samping orang yang beribadah. Datang juga iblis membawa bendera khianat yang ditancapkan di celah-celah kejujuran para pedagang. Dan, datang pula iblis membawa bendera ingkar yang dipasang di sisi disiplinnya para karyawan”.

Indahnya kalimat hadits tersebut. Jika disimpulkan kira-kira begini:

Dunia itu kebun. Kebun itu indah dengan penataan dan hiasan yang baik. Jika Anda selesai bekerja seharian. Lalu Anda istirahat di sebuah kebun yang rindang dengan pepohonan hijau. Anda duduk di bawah sebuah pohon hijau nan rindang. Ditemani secangkir kopi atau teh. Diringi musik kesukaan Anda. Lalu, di depan ada bunga-bunga indah, sungai mengalir dengan gemericiknya, dan angin sepoimenerpa wajah Anda. Apa yang akan dirasakan? Tentunya, Anda akan merasa fresh dengan keadaan seperti itu. Damai, nyaman, tentram, dan indah.

Demikianlah dunia. Jika dihuni oleh para ulama yang menebar ilmu, pemerintah yang adil, rakyat yang saleh, pengusaha yang jujur, dan pegawai yang disiplin, baik negeri maupun swasta; maka, dunia akan terasa indah. Hidup tenang, tentram, dan damai di dalamnya. Subhanallāh...

Tetapi, ada lima “hama” yang akan membuat kebun itu rusak. Hama itu dibawa oleh musuh nyata manusia, Iblis. Apa saja hama yang akan merusak kebun dunia?
Sesuai hadits di muka, hama perusak kebun itu adalah:

Hama #1: Hasad
Hama ini akan dihujamkan kepada ulama yang berilmu atau ilmuan yang memiliki karakter ulama. Karakter ulama itu ada dua macam, yaitu (1) pewaris para nabi yang melanjutkan nilai-nilai dan ajaran yang dibawa para nabi dan (2) takut kepada Allah sebagai akibat tahunya dan pahamnya ia.

Seorang berilmu dipaksa dengki oleh Iblis. Jika ia melihat sudaranya lebih dihormati dan dihargai orang, ia merasa iri dan kecewa dengan keadaan diri. Jika ia memiliki pendapatan yang kurang, sedangkan saudaranya berpenghasilan besar, ia dengki kepada saudaranya. Maka, bagi yang berilmu, berhati-hatilah dengan hama ini. Sejatinya, orang berilmu bisa membasmi hama ini.

Hama #2: zalim
Hama ini akan ditebarkan kepada para pemimpin dari kepemimpinan terendah hingga tertinggi, dari pemimpin keluarga sampai pemimpin bangsa. Seorang presiden dan para pembantunya, hendaknya berhati-hati dari sikap zalim. Ini jelas berbahaya bagi dirinya dan bagi rakyat. Presiden yang zalim ruginya orang senegara. Jika dirinya mau senang, maka rakyat pun harus senang. Jangan sampai terceritakan seorang pegawai rakyat (baca: wakil rakyat) duduk di atas kursi dewan seharga Rp 25.000.000 lalu ia tidur di tengah-tengah sidang karena mungkin habis capek, ditambah AC yang cukup menyegarkan untuk istirahat, sedangkan rakyat duduk di atas kardus dan koran dengan angin yang besar dan hujan yang deras. Apa-apaan ini? Wakil rakyat itu bawahan rakyat. Ya harus mau dong “diperintah” rakyat.

Hama #3: riya
Bagi seorang hamba yang giat beribadah kepada Allah baik yang fardlu maupun yang sunnat, berhati-hatilah dalam titik tolak pemberangkatan amal (niat). Jika niat beribadah bukan karena Allah (riya), maka amal bsar sekalipun akan dianggap hina oleh Allah.
Dalam hadits yang sahih, seseorang mati syahid di medan perang karena niatnya ingin dipandang jariy (pahlawan), Allah malah menyeretnya ke dalam api neraka; seseorang yang menghabiskan harta di jalan Allah, justru ia menjadi penghuni neraka karena maksud dan tujuan amalnya adalah agar dipandang jawwad (dermawan); dan orang yang menghabiskan waktunya untuk mencari ilmu dan membaca al-Quran, justru Allah memandangnya sebagai kebohongan, psalnya ia meniatkan agar disebut ‘alim (pintar) dan qariy (pandai baca Quran). Na’ūdzdu billāhi min dzālik.

Hama #4: khianat
Khianat berarti tidak memenuhi kewajiban yang diembankan dari si pemilik barang. Allah sebagai pemilik rezeki, memberi amanat kepada para pedagang, pengusaha, pembisnis, untuk adil dalam usaha, tidak menipu, tidak mengurangi takaran, dan mendistribusikan sebagian rezeki di jalan Allah. Jika tidak, maka mereka khianat. Dan, Iblis senang jika para pedagang, pengusaha, pembisnis, yang berbuat khianat. Maka, berhati=hatilah terhadap hama yang satu ini.

Hama #5: ingkar (undisipliner)
Bagi anda yang bekerja sebagai karyawan, staf, atau pegawai, sikap undisipliner bukanlah sikap baik. Ciri kiamat sughra itu adalah, ketika para pegawai sudah tidak disiplin. Harusnya anda bekerja, ini malah main-main, gapleh, ngerumpi, tidak melayani dengan baik. Jika pejabat korupsi uang, maka perbuatan seperti ini adalah korupsi waktu. Selain itu, bekerjalah secara profesional dan proporsional! Jika tidak, Anda adalah benalu perusahaan atau lembaga.

Kembali ke pokok permasalahan bahwa, dunia itu bagaikan kebun. Tanami kebun ini dengan kebaikan. Sebagai orang berilmu, sebarkanlah warisan nabi dan takutlah kepada Allah. Sebagai penguasa, berbuat adil lah agar dicintai Allah dan dicintai rakyat. Sebagai hamba Allah, ikhlaskanlah niat dalam beribadah. Sebagai pengusaha, jujurlah dalam berusaha dan distribusikan sebagian rezeki yang didapat di jalan Allah. Sebagai pegawai, disiplin lah dalam bekerja. Maka, dunia akan sedap dan indah dipandang dan dirasakan.

3 komentar:

  1. luar biasa ....
    aku ingin tahu kawan, hadist itu diriwayatkan oleh siapa? bisa dijumpai dari kitab apa ?
    sungguh aku butuh informasi tersebut.
    terima kasih jawabannya

    BalasHapus
  2. sebagian ulama mengatakan hal itu merupakan kata-kata hikmah dari para sahabat

    BalasHapus
  3. Baguss....siapakah yng mriwayatkn hadis itu

    BalasHapus

Mari meraih kebaikan dengan berbagi. Tinggalkan komentarmu kawan...